Senin, 17 Juni 2019

Manfaat Daun Legundi Untuk Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout merupakan sejenis penyakit sendi yang umumnya diakibatkan karena kadar asam urat terlalu tinggi dalam darah. Dalam kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan kadar asam urat dalam jumlah yang banyak atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat akan menumpuk di dalam tubuh.


Umumnya asam urat sering menyerang bagian jempol kaki, namun penyakit ini juga dapat mempengaruhi sendi-sendi lainnya seperti lutut, kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki. Selain itu, asam urat juga terkadang menyerang bagian lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Tulang belakang juga tidak menutup kemungkinan dapat terkena asam urat.

Penyakit asam urat biasanya menyerang pada kelompok usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan umumnya ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sementara, kelompok usia anak-anak dan remaja sangat jarang mengalami penyakit ini.

Meskipun penyakit asam urat dapat menjadi penyakit kronis, kondisi ini dapat disembuhkan atau dicegah agar tidak kambuh. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan daun legundi.

Manfaat Daun Legundi Untuk Asam Urat


Pernahkah Anda mendengar tentang daun legundi? Daun legundi merupakan tanaman semak yang tingginya mencapai 1-4 meter, memiliki daun yang berbentuk lonjong dan pada bagian bawahnya memiliki bulu rapat yang berwarna putih.

Daun legundi merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Bagian yang terkenal dari tanaman legundi ini yaitu daunya, karena daun legundi ini sering digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satu khasiat yang ada di dalam daun legundi ini yaitu untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Bunga dan daun Legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica.

Cara Membuat Ramuan Daun Legundi Untuk Asam Urat


Bahan-Bahan :
  • 5 genggam daun legundi
  • 3 gelas air

Cara Pembuatan :
  • Pertama cuci daun legundi dengan menggunakan air yang bersih.
  • Kemudian rebus dengan 3 gelas air.
  • Tunggu hingga mendidih sampai air hanya tersisa 2 gelas.
  • Setelah itu, tunggu hingga dingin, lalu saring air rebusan ke dalam gelas.
  • Minum ramuan ini, sehari 3 kali dengan takaran ¾ gelas sekali minum.

Itulah informasi mengenai Manfaat Daun Legundi Untuk Asam Urat. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi daun legundi, secukupnya saja karena segala sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Lakukan pencegahan dan pengobatan untuk mentasai penyakit asam urat, karena rasa sakit yang ditimbulkan apabila sudah terlalu parah bisa jadi membuat penderita sangat terganggu. Selain mengkonsumsi daun legundi untuk pengobatan asam urat, lakukan juga olah raga secar rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga. Jaga pola makan sehat dan usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan penyakit asam urat yang diderita semakain parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar