Minggu, 16 Juni 2019

5 Minuman Yang Dapat Memicu Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktifitas hingga menurunkan kualitas hidup. Penderita asam urat wajib mengontrol segala jenis asupan yang dikonsumsi, tak terkecuali minuman. Beberapa jenis minuman yang mengandung purin dapat memicu penyakit asam urat kambuh.


Purin merupakan zat yang sangat berkaitan erat dengan kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Umumnya zat purin dapat ditemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, ada juga sebagian minuman yang mengandung zat purin.

Berikut beberapa minuman yang mengandung zat purin tinggi dan wajib dihindari bagi penderita asam urat maupun orang yang tidak ingin mengalami penyakit tersebut. Diantaranya :

1. Kopi
Sebuah studi menyebutkan bahwa kafein mampu melindungi Anda dari asam urat, karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat. Namun, ada juga penelitian lain yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat gejala asam urat kumat.

Penelitian tersebut menemukan bahwa menggandakan asupan kafein dalam sehari, dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala asam urat hingga 80%.

2. Jus Jeruk Kaleng
Seorang peneliti mengatakan bahwa jus jeruk kalengan mengandung kadar fruktosa tinggi. Hal ini berhubungan erat dengan kekambuhan gejala penyakit asam urat. Fruktosa merupakan pemanis buatan yang umumnya ditambahkan pada minuman kemasan kaleng.

3. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Salah satu kerjanya yaitu dengan menstimulasi hati untuk memproduksi asam urat.

Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter mengatakan bahwa "Di dalam tubuh, alkohol akan diubah menjadi asam laktat yang dapat mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal. Dari berbagai macam jenis minuman beralkohol, bir adalah yang paling banyak mengandung purin akibat dari proses fermentasinya".

4. Minuman Ringan Dengan Pemanis Buatan
Beberapa penelitian menemukan bahwa peningkatan risiko asam urat berasal dari minuman yang dimaniskan denga gula. Salah satu studi besar mengemukakan bahwa hanya satu minuman ringan manis per hari sudah mampu menggandakan risiko seorang wanita untuk menderita penyakit asam urat.

5. Minuman Berenergi
Sebagian besar, di dalam minuman berenergi mengandung kafein dan fruktosa. Oleh karena itu, minuman jenis ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Seorang rheumatologist di Temple University Hospital di Philadelphia, Jennifer Sloane, MD. mengatakan bahwa "Tidak ada penelitian yang mengevaluasi dampak minuman energi terhadap asam urat. Akan tetapi, karena sebagian besar minuman tersebut dimaniskan dengan fruktosa, dapat ditarik kesimpulan bahwa minuman berenergi memiliki kemungkinan untuk meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat”.

Dari beberapa minuman di atas, mana yang masih sering Anda konsumsi? Setelah tahu faktanya, sebaiknya Anda segera batasi atau hindari sama sekali, apalagi jika Anda sudah menderita penyakit asam urat sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar