Minggu, 16 Juni 2019

Bahaya Pecel dan Gado-Gado Untuk Asam Urat

Hobi makan sayur memang baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Karena tingginya kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi sehat lainnya didalam sayuran tersebut. Namun, ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan sayur seperti pecel dan gado-gado bisa memicu datangnya penyakit asam urat.


Pecel dan gado-gado kaya akan sayuran seperti bayam, kecambah, mentimun, dll. Selain itu, adanya siraman saus kacang. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa sayur bayam dan kacang-kacangan memiliki kandungan purin sehingga bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh.

Namun, beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal itu tidak tepat. Meskipun sayuran seperti bayam, kangkung serta kacang-kacangan memiliki kandungan purin yang sedang, tetapi tidak akan memberikan dampak buruk bagi kadar zat asam urat di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh porsi sayuran yang dikonsumsi pada sayuran tersebut biasanya tidak begitu banyak karena dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Selain itu, meskipun digemari banyak orang, pecel dan gado-gado belum tentu menjadi makanan utama yang dikonsumsi setiap hari.

Beberapa Jenis Sayuran Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Asam Urat


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa jenis sayuran memiliki kandungan purin yang sedang sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan dampak buruk bagi penderita asam urat. Berikut beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat :

1. Sayur Bayam
Sampai saat ini, pakar kesehatan masih memperdebatkan tentang apakah bayam aman dikonsumsi oleh penderita asam urat atau tidak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang sangat tinggi di dalam sayuran ini sehingga sangat sayang untuk dilewatkan seperti vitamin, beta karoten, lutein,flavonoid, dan serat.

Namun, di dalam 100 gram bayam terdapat 57 gram purin. Memang kandungan ini tidak setinggi di dalam makanan laut atau jeroan. Namun bagi penderita asam urat, keberadaan purin ini dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

2. Jamur
Jamur sering dianggap sebagai pengganti daging, karena teksturnya yang berbeda dibandingkan dengan sayuran pada umumnya. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa jamur sebaiknya tidak dikonsumsi secara sembarangan oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan purin sebanyak 17 hingga 92 gram di dalam 100 gram jamur.

3. Kembang Kol
Kembang kol merupakan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan oleh penderita asam urat. Sebab di dalam 100 gram kembang kol terdapat 51 gram kandungan purin. Selain itu, kembang kol juga dapat memicu perut kembung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa jenis sayuran lain juga seperti daun singkong, kangkung, dan asparagus sebaiknya tidak dikonsumsi secara sembarangan oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan, sayuran tersebut memiliki kandungan purin sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar